Beranda > Semarak World Cup 2010 > Semarak World Cup 2010

Semarak World Cup 2010

worldcup_1024x768_289802 africa-cup-2010

2010 FIFA World Cup akan menjadi ke-19 FIFA World Cup, internasional terkfifaemuka sepak bola turnamen. Hal ini dijadwalkan akan berlangsung antara 11 Juni dan 11 Juli 2010 di Afrika Selatan. 2010 FIFA World Cup akan menjadi puncak dari proses kualifikasi yang dimulai pada Agustus 2007 dan melibatkan 204 dari 208 tim nasional FIFA. Dengan demikian, itu cocok dengan Olimpiade 2008 sebagai event olahraga yang paling bersaing dengan bangsa-bangsa.

Ini akan menjadi pertama kalinya bahwa turnamen ini telah diselenggarakan oleh negara Afrika, setelah mengalahkan Afrika Selatan Maroko dan Mesir di Afrika yang semua proses penawaran. Italia adalah juara bertahan. Yang menarik untuk final berlangsung pada tanggal 4 Desember 2009 di Cape Town.

Kualifikasi
Sebagai tuan rumah, Afrika Selatan secara otomatis memenuhi syarat untuk turnamen. Namun, Afrika Selatan tidak berpartisipasi dalam kualifikasi Piala Dunia karena kualifikasi CAF juga berfungsi sebagai turnamen kualifikasi untuk Piala Afrika 2010 Bangsa-Bangsa. Mereka adalah tuan rumah pertama sejak 1934 untuk berpartisipasi dalam kualifikasi awal. Seperti yang terjadi pada turnamen sebelumnya, juara bertahan tidak diberi tempat tidur otomatis, dan Italia harus berpartisipasi dalam kualifikasi.

Maskot
Zakumi, maskot dari Piala Dunia FIFA 2010

Para maskot resmi untuk Piala Dunia FIFA 2010 adalah Zakumi (lahir 16 Juni 1Zakumi994 (umur 15)), sebuah anthropomorphised macan tutul dengan rambut hijau. Namanya berasal dari "ZA", maka singkatan internasional untuk Afrika Selatan, dan "kumi", sebuah kata yang berarti "sepuluh" dalam berbagai bahasa Afrika. The maskot dengan warna mencerminkan dari negara tuan rumah bermain strip – kuning, dan hijau .

Zakumi’s lahir bertepatan dengan hari yang dikenal dan diperingat i sebagai Hari Pemuda di Afrika Selatan dan kelompok kedua pertandingan. Tahun 1994 menandai non-rasial pertama pemilihan nasional di Afrika Selatan. Dia akan usia 16 pada tahun 2010. [14]

Zakumi resmi yang moto adalah: "Zakumi adalah permainan Fair Play." Moto terlihat di papan iklan digital selama Piala Konfederasi FIFA 2009, dan juga akan muncul dalam tahun depan Piala Dunia FIFA.

Jabulani

Bola untuk Piala Dunia FIFA 2010 akan dinamakan "Jabulani", yang dibuaadidas-world-cup-2010-south-africa-ballt oleh adidas, yang berarti "membawa sukacita bagi semua orang" di Ido. Nomor sebelas memainkan peran penting dalam berteknologi maju baru bola: ia adalah kesebelas pertandingan bola Piala Dunia yang dibuat oleh pembuat peralatan olahraga Jerman, melainkan sebelas fitur warna, satu untuk setiap pemain di lapangan, dan ada resmi sebelas bahasa Afrika Selatan. Selain itu, acara akan dimulai pada hari kesebelas bulan Juni dan berakhir pada hari kesebelas Juli.

Sumber:

http://en.wikipedia.org/wiki/2010_FIFA_World_Cup

Sejarah Piala Dunia             

 
Kompetisi Piala Dunia adalah pertandingan yang dirancang untuk memperkuat perdamaian dunia. "Sepakbola dapat memperkuat perdamaian sejati dan permanen," begitu ucapan Jules Rimet, Presiden FIFA ketiga, pada 1921. Jules Rimet merencanakan sebuah turnamen sepakbola akbar 4 tahunan, di antara event Olimpiade. Turnamen sepakbola ini diadakan untuk mengatasi diskriminasi pemain profesional dan amatir. Seperti diketahui, Olimpiade yang berlangsung 4 tahun sekali itu hanya boleh diikuti olahragawan amatir.

Tujuh tahun setelah Jules Rimet menjabat Presiden FIFA, Piala Dunia (World Cup) lahir. Dalam pertemuan kongres FIFA, 18 Mei 1928, di Barcelona, telah disepakati bahwa 4 negara Eropa akan berpartisipasi, yakni Prancis, Belgia, Yugoslavia, dan Romania, plus satu negara Amerika Latin, Uruguay sebagai tuan rumah. Uruguay dipilih karena reputasinya sebagai juara Olimpiade 1924 dan 1928. Selain itu, Uruguay juga akan menyelenggarakan Hari Kemerdekaannya pada 1930.

Negara-negara Eropa lainnya tidak berpartispasi dan tetap menginginkan turnamen amatir. Selain itu, waktu perjalanan yang panjang ke benua Amerika juga dijadikan alasan. Sebaliknya, selain Uruguay, ada 8 negara benua Amerika yang turut bergabung, yakni Argentina, Brasil, Bolivia, Chili, Paraguay, Peru, Amerika Serikat, dan Meksiko.

Pelaksanaan Piala Dunia baru terwujud pada 1930. Tendangan pertama dilakukan di Stadion Pocitos, 18 Juli 1930. Piala Dunia pertama ini tidak mempunyai ronde kualifikasi seperti halnya Piala Dunia modern. Ketigabelas negara dibagi atas 4 grup. Partai finalnya, Uruguay berhadapan dengan Argentina. Uruguay menang 4-2 dan berhak atas Piala Jules Rimet.

Tim Uruguay Juara Piala Dunia Pertama, 1930
Kanan-kiri, baris belakang: Figoli, Gestido, Nasazzi (kapt), Ballesteros, Mascheroni, Andrade, Fernandez dan Greco. Baris depan: Dorado, Scarone, Castro, Cea dan Iriarte.

Sepanjang 1930-an, Piala Dunia sempat digelar tiga kali. Piala Dunia kedua digelar di Italia, pada 1934, dan tuan rumah berhasil memboyong Piala Jules Rimet. Pada 1938 di Prancis, Italia berhasil mempertahankan reputasinya sebagai negara jawara sepakbola. Kompetisi sepakbola antarnegara ini sempat terhenti selama 12 tahun akibat Perang Dunia II dan baru dilanjutkan pada 1950.
Dari Piala Jules Rimet ke Trofi Piala Dunia FIFA

Setelah ajang Piala Dunia disepakati kongres FIFA di Barcelona, pada 1928, tugas berikutnya adalah mempersiapkan trofi sebagai hadiah bagi pemenang Piala Dunia 1930. Pematung Prancis, Abel Lafleur diberi kehormatan merancang trofi yang kemudian dinamakan Piala Jules Rimet itu. Tingginya 35 cm dan berat 3,8 kilogram. Kepala trofi dibuat dari perak dan emas sementara bagian bawahnya dibuat dari semi batu mulia, lapis lazuli.

Keberadaan Piala Jules Rimet beberapa kali terancam bahaya. Selama Perang Dunia II, Wakil Presiden FIFA asal Italia, Dr. Ottorino Barassi, menyembunyikannya di kotak sepatu untuk menghindarkan trofi itu dari tangan tentara pendudukan. Piala ini pun sempat menghilang pada 1966 setelah dipertontonkan di Inggris, yang menjadi tuan rumah Piala Dunia 1966. Piala tersebut akhirnya ditemukan seekor anjing bernama Pickles, terkubur di bawah sebuah pohon.

Piala Jules Rimet lenyap selamanya pada 1983. Piala itu dicuri dan kemudian dilebur para pencurinya. Otoritas sepakbola Brasil yang bertanggung jawab atas piala tersebut kemudian membuat replikanya. Kebetulan, Brasil berhak memiliki piala tersebut secara permanen setelah memenangkannya tiga kali, terakhir di Meksiko pada 1970.

FIFA membuat piala baru untuk Piala Dunia 1974. Sebanyak 53 rancangan dari 7 negara masuk ke FIFA namun pilihan FIFA jatuh kepada karya seniman Italia, Silvio Gazzaniga. Piala ini mempunyai tinggi 36 cm dan dibuat dari emas 18 karat. Beratnya mencapai 4,97 kilogram. Tatakannya terdiri dari dua lapis semi batu mulia malachite dan menjadi tempat 17 plat nama pemenang sampai Piala Dunia 2038.

Piala baru ini tidak bisa dimiliki juara Piala Dunia secara permanen. Juara hanya menyimpannya sampai Piala Dunia berikutnya digelar dan mendapatkan replika Piala Dunia yang hanya berlapis emas.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: